Akhirnya Penghasilan Dari Blog Aku Meraih 50 Juta


Hallo Assalamualaikum, apa kabar sobat teman? semoga baik baik saja





Alhamdulilah, pertama-tama saya ingin mengucapkan puji syukur terhadap Allah SWT, karena setelah jatuh bangkit saya lalui hari demi hari, waktu demi waktu risikonya aku baru sadar bila earning dari blog aku sehabis aku cek sudah mencapai 50 juta. Ahamdulillah!!! Oiya teman sobat jangan salah paham dulu ya, Karena 50 juta yang saya tulis dijudul itu bukan gaji aku satu bulan, tetapi itu ialah total dari gajian aku yang selama ini aku kumpulkan dari mengelola blog saya. Hahahahaaa





Sebelumnya aku ingin memberikan jika dalam postingan ini aku tidak ada maksud untuk pamer apalagi menyombongkan diri, justru postingan ini aku maksudkan selaku citra betapa susahnya perjalanan aku merintis blog dari permulaan sampai kini. Dan semoga apa yang aku bagikan bisa menjadi motivasi buat sobat-sobat sesama blogger pemula semoga menjadi lebih baik dari aku.
Kalau ada yang buruk atau salah diartikel ini aku mohon untuk sobat-sahabat jangan diambil jeleknya dan bila ada yang bagus silahkan diambil baiknya saja, okee selamat membaca…





Yaa saya tau mungkin 50 juta buat sobat teman nggak ada artinya dan saya sadar jika daripada blog lain milik sobat sahabat ya terperinci blog aku ini sangat jauh ketinggalan. Tapi tetap aku syukuri, karena bagi aku yang cuma anak kampung yang tinggal dipelosok dengan kehidupan biasa-biasa saja duit segitu sudah sungguh besar dan sangat menolong kehidupan aku sampai dikala ini.





Oh iya sebelumnya perkenalkan nama saya riski, ketika ini aku menjalani profesi selaku pedagang, berdagang sembako dipasar, alhamdulilah saya telah dikaruniai satu orang anak wanita.





Dari dulu saya penduduknya gaptek..
Saat sahabat-sahabat di SMK punya hp semua aku nggak punya, bukan nggak pengen beli namun dahulu emang nggak mampu membelinya.
Biarpun begitu Saya sesungguhnya punya cita-cita pengen kuliah jurusan komputer namun ketika itu aku belum berani meminta terhadap orang renta, alhasil aku tunda cita-cita saya dengan bekerja apalagi dulu.





Singkat dongeng setelah lulus SMK saya sempat melakukan pekerjaan di warung pecel lele, daganges jeruk, jualan bensin eceran, kerja dipenjualan kaset CD, di toko sayur, pokoknya semua aku kerjakan asal ada penghasilan. (Oh iya saya telah mulai kerja sampingan semenjak masa sekolah).





Setahun lebih berlalu suatu ketika datang-tiba ada kesempatan untuk bicara pada kedua orang renta, hasilnya saya beranikan diri minta dikuliahkan dan sesudah usang memikirkan akibatnya suatu hari keinginan aku disanggupi oleh kedua orang bau tanah. Sayapun pergi kekota untuk mengenyam pendidikan, aku ambil jurusan teknik informatika.





Daftar Tulisan


Awal Mula Ngeblog





Disemester 3 atau 4 aku dimintai tolong oleh pacar saya untuk menyebarkan blog untuk upload tugasnya, saat itu aku belum tau apa itu blog, berbekal PC jadul yang saya rakit dengan komponen bekas termurah yang saya beli dari OLX aku cari cari isu di internet, waktu itu blog nya saya buatkan memakai blogspot..
3 hari gres akhir alasannya dahulu saya masih agak gagu soal blogspot alasannya pertama kali buka, namun setelah otak atik sana sini aku malah ketagihan mengotak atik blog.
Saya sering mengotak atik tema, memasang widget jam, tanggal dan merubah kursor menjadi gambar pisau dengan background naruto berlari dibelakangnya. 😀





Awalnya Niat Saya Ngeblog murni alasannya adalah suka nulis





Berbulan bulan menghabiskan waktu browsing sana sini, terbesit suatu pertanyaan dikepala aku, darimana pemilik blog menerima duit? Terus siapa yang mengeluarkan uang mereka?
Akhirnya aku mencari gosip sederhana itu di google dan ketemulah dengan suatu goresan pena salah satu mastah yang menerangkan perihal google adsense, dan blog yang ternyata bisa menghasilkan duit. Sejak itu saya terobsesi bisa menciptakan uang dari blog.





Mulai Melirik Penghasilan





Berbekal goresan pena ceker ayam yang nggak seo, nggak enak dibaca dan ngggak jelas maksudnya aku menjajal keberuntungan dengan mendaftarkan blog aku ke google adsense, dan alhasil alhamdulilah lamaran saya selalu ditolak, ditolak, dan ditolak. beberapa kali aku menjajal tetap ditolak.





Buat-hapus blog sering aku kerjakan alasannya penasaran. Sempat frustasi alasannya adalah ditolak mentah mentah oleh google. Tapi semua itu tidak menghentikan tekat saya, nyaris tiap ahad surat penolakan masuk ke email saya, kata kata “maaf lamaran anda belum bisa kami terima” justru membuat aku semakin ingin tau.





Saya lebih serius ngeblog dan memutuskan untuk konsentrasi dan serius ke salah satu blog aku, setelah itu saya putuskan untuk migrasikan blogging platform aku dari blogspot ke wordpress.





Pernah Makan Hanya Pakai Garam





Hobby ngeblog ini membuat Kiriman saya cepat habis, belum tengah bulan saya sudah tidak memegang duit, karena uang 500 ribu perbulan harus aku bagi untuk makan, jajan, duit bensin, dan listrik. Ditambah lagi sekarang mesti beli paket untuk mampu internetan.
Tapi anehnya ketika itu saya rela puasa nggak makan, kadang juga hanya makan pakai nasi dan garam saat benar benar nggak ada duit untuk beli sayuran, pernah juga saya bertahan hidup beberapa hari dengan Beras tinggal 2 canting, dan kebetulan ketika itu libur agak usang teman sobat aku sebagian besar pulang sehingga nggak ada orang yang bisa dipinjami duit. Kenapa kok nggak minta kiriman saja terhadap orang renta? Karena Saya nggak berani minta kiriman sebulum waktunya!





Badan kurus, mata cekung alasannya Kurang Makan





Begadang menjadi kegiatan berkala yang biasa aku kerjakan, hal ini sebab dikala itu kuota internet yang aku gunakan yaitu kuota malam yang baru aktif diatas jam 12 malam, sebab alasannya adalah harganya yang lebih hemat biaya dan kuotanya lebih yang besar. Kadang bila cuaca cantik saya pergi ke wifi corner indihome yang menawarkan internet gratisan, aku pakai untuk update postingan dan untuk download film anime kesukaan aku one piece, oh iya downloadnya meminjam laptop sobat sekosan alasannya adalah saya hanya punya PC.





Lamaran Google adsense Ditolak selama Hampir 2 Tahunan





nyaris Dua tahun lebih blog saya tetap ditolak, dari penolakan penolakan itu aku belajar memperbaiki diri, memperbaiki goresan pena, mengganti penampilan web yang dari semula ramai warna warni menjadi minimalis dan entah kenapa saya merasa kian lama saya ngeblog, aku kian menggemari tampilan yang sederhana.
Mungkin alasannya adalah aku sadar jikalau blog itu yang dijual ialah tulisannya, hadirin tiba untuk membaca goresan pena, bukan melihat keren atau tidaknya penampilan blognya,…





Selain itu berdasarkan saya bertambah banyak widget dan gangguan muncul dikala membaca malah membuat pengunjung teralihkan fokusnya. Sehingga waktu bacanya jadi rendah yang menimbulkan bouncerate melambung tinggi dan mugkin ada yang eksklusif keluar begitu web terbuka alasannya kurang tenteram dengan penampilan yang benuh warna atau bahkan kabur duluan sebelum halaman terbuka sebab webnya terload terlalu lama.





Nasehat yang mungkin mampu aku kasih untuk teman teman yang hendak bertahan agak lama di page one ialah kecepatan itu faktor penting. Kalau tidak cepat maka akan cepat lengser digantikan oleh web yang lebih singkat.





Yaa Walaupun aku tau menciptakan web cepat itu nggak gampang, sayapun masih belum mampu melakukannya sebab banyak faktor lain juga yang mampu membuatweb jadi lambat, mampu dari hosting, media, js, ads dan masih banyak aspek lainnya.





Daftar alternative adsense





Saya beberapa kali mendaftarkan blog aku di penyedia jasa pengiklan alternative pengganti adsense, mulai dari adnow, mgid, a-ads, dan masih banyak alternatif adsense lain yang saya coba. Tapi entah kenapa saya tetap merasa ingin tau dan belum lega jika sasaran aku belum tercukupi ialah diterima google adsense.





Diterima alasannya nggak buka blog beberapa lama





Masuk ke semester 5 aku melakukan PKL dan kesibukan itu membuat saya tidak mempunyai waktu untuk membuka website aku, dan entah kapan aku mendaftarnya tiba-tiba suatu sore setelah bimbingan laporan, aku mampu email yang telah lama saya harapkan, emailnya singkat tetapi sangat membahagiakan, yang pada dasarnya “selamat situs anda kini menampilkan iklan…”





Penghasilan Awal tidak cocok harapan





Setelah diterima menjadi publisher adsense ternyata penghasilan yang aku peroleh tidak cocok dengan yang aku kehendaki, padahal aku bermimpi bisa gajian juta-jutaan mirip yang saya baca dari interet, tapi ternyata jangankan gajian jutaan, untuk menghimpun minimum verifikasi adsense saja aku harus mengunggu berbulan bulan.





Pin adsense Nyantol dikantor POS





Setelah ambang batas verifikasi akun adsense yakni 10$ terpenuhi kesannya aku melaksanakan request pin, tapi sudah 3 bulan saya tunggu pin aku tidak kunjung datang, alhasil saya memiliki gagasan untuk mendatanginya kekantor pos didekat kosan aku, cuma pak posnya tidak tau apa-apa, sayapun mendatangi pos lain yang lebih besar namun jawabannya tetap sama, hingga pos cabang utama dan terbesar dikota kawasan saya kuliah saya datangi juga sayang nya belum ada juga, sayapun menetapkan melaksanakan request pin yang ke 2 setelah menuggu beberapa bulan lagi saya coba tiba lagi ke kantor pos dan alhamdulilah kali ini suratnya sudah ada. Surat yang cuma berisi 6 angka itu saya ambil dan masukkan kedalam jaket sebab waktu pulang datang datang hujan deras mengguyur dijalan tapi untungnya suratnya nggak luntur.





Gajian Pertama Bareng wisuda





Percaya nggak yakin gaji pertama aku itu cair bertepatan dengan hari wisuda aku, siangnya wisuda sorenya dapat email dari google berbunyi “cek pembayaran terbaru anda”. Wah dobel kebahagiaan aku hari itu.





Lulus dengan Hasil Yang membuat puas





Hebatnya lagi aku lulus dengan IPK pas pasan waktu itu adalah cuma 2.5 hahahaha





Wajar sih alasannya hampir semua nilai di mata pelajaran matematika (kalkulus, aljabar linear, dll) aku dapet c bahkan ada yang d. tapi ya aku bersyukur yang penting tetap bisa lulus sempurna waktu. hahahahah





Lulus Nikah Langsung





Disisi lain web terus saya update artikelnya, visitornya terus mengalami kenaikan dengan drastis menjamah sampai angka puluhan ribu dan gajian saya juga perlahan namun niscaya terus mengalami peningkatan, dikala itulah aku mulai mengupgrade PC aku dari amd a4 yang telah sangat lemot saya beli Ryzen generasi pertama, aku juga beli motherboard, SSD, power suply dan tidak lupa VGA saya beli RX 570 red devil yang ketika itu masih sungguh mantap menurut aku. Beruntung saat itu sebagian gaji dari blog aku tabung hingga terkumpul beberapa puluh juta, lulus kuliah aku pribadi menikah alasannya memang saya telah lamaran semenjak aku melaksanakan skripsi.





Penyesalan Karana Kebodohan





Setelah menikah Uang yang aku kumpulkan semenjak kuliah dulu saya gabungkan dengan tabungan istri kemudian dipakai untuk membuka dan merintis perjuangan grosir sembako. Dibantu dengan tambahan modal dari mertua dan perlindungan ruko orang bau tanah yang selama ini disewakan untuk ongkos kuliah saya, sayapun mengawali perjuangan dagang.





Kesibukan gres ini menciptakan saya jarang sekali ada waktu mengurus blog, pernah buka sekali dua kali saja dan itupun nggak lama, sampai sebuah hari kebodohan dan keteledoran diaduk ke apesan saya, nasib burukpun terjadi…





Tanpa sengaja aku mengubah permalink web saya, imbasnya nggak lama, cuma beberapa ahad sudah terasa, mulanya penurunan earning adsense aku kira alasannya saya jarang update artikel hanya tinggkat anjloknya kok sungguh parah hasilnya aku buka google analitycs dan disana aku lihat Vistor tinggal beberapa ekor, sayapun eksklusif bergadang beberapa hari untuk memperbaikinya namun semua telah telat artikel saya yang pageone sebagian besar sudah tumbang terhempas entah dihalaman berapa, aku kembalikan ke permalink awal tapi visitor tidak kembali bahkan hingga kini mungkin yang kembali hanya 60 persennya, sesal sih tetapi ya sudahlah semua telah terjadi kedepan mesti lebih berhati hati.





Nasehat untuk sobat sobat yang sudah memliki Visitor tinggi jangan pernah sekali kali mengotak atik bagian permalink, alasannya adalah akan sangat fatal. Kalau memang mau mengganti permalink lebih baik dilakukan diawal saat menciptakan web, atau kalau web hasil migrasi dari blogspot semestinya dikerjakan diawal setelah migrasi biar cepat kembali pulih.
Nah untuk detail dongeng wacana pengalaman aku kehilangan trafik sobat sahabat mampu baca artikelnya disini





Kesimpulan dari postingan ini









  • Saya bingung ingin menyimpulkan seperti apa, tapi yang niscaya jika sobat teman memang berniat menjadi blogger seharusnya niatkan blog itu sebagai investasi dan media untuk berbagi saja dulu, nanti jika visitor naik dan banyak orang yang membaca goresan pena kalian penghasilan akan mengikuti, jangan berharap blog sebulan langsung menciptakan alasannya merintis blog ini tidak bisa instan, namun setelah menciptakan mereka akan terus menunjukkan penghasilan rutin tiap bulan, berbeda dengan kerja yang instan tetapi risikonya langsung habis kalau dipakai,..
  • Jangan berhenti atau putus asa apapun karena, aspal yang tampakhalus saja tidak mungkin rata, jadikan setiap hambatan yang membatasi itu motifasi dan jadikan cobaan yang menimpa sebagai pelajaran, agar mampu lebih berhati hati kedepannya..
  • Satu lagi kalau kuliah cari teman sebanyak banyaknya yang hidupnya sama sama susahnya dengan kita biar ada kawasan buat hutangan tiap akhir bulan. Hahaha ?
  • Dan yang penting jangan berteman dengan orang yang tidak mampu kalian ikuti gaya hidupnya, mereka hanya akan menciptakan orang renta kalian kesusahan membiayai pola hidup kalian. Pengalaman aku banyak teman saya yang risikonya putus ditengah jalan sebab kuliah jarang masuk atau orang tua tidak lagi bisa membiayai.
  • Yang Terkahir tanamkan dalam hati bila bodoh matematika itu bukan hambatan, hahahahahaaa







0 Response to "Akhirnya Penghasilan Dari Blog Aku Meraih 50 Juta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel