Channel Youtube Untuk Mencar Ilmu Bahasa Inggris Tingkat Pemula


Apa Channel Youtube yang Efektif untuk ‘Belajar Bahasa Inggris’ Tingkat Pemula? Kata banyak Indonesians (warga Negara Indonesia), mencar ilmu bahasa Inggris paling ribet itu ada di grammar(aturan bahasa)-nya. Kenapa? Jawabannya nggak jauh-jauh dari banyaknya aturan ini-itu yang harus dikenang agar kesanggupan bahasa Inggris bisa oke. Tidak sedikit, loh, yang merasa putus asa alasannya berusaha memahami grammar (jadi embel-embel beban hidup selain memahami perasaan doi nih). Ngga cukup hingga di grammar, persoalan juga muncul dalam aspek berbicara bahasa Inggris. Kompleks ya?





Nggak heran, ada berbagai kawasan-kawasan tutorial berguru baik itu offline maupun online yang memberikan fasilitas belajar bahasa Inggris. Paket yang ditawarkanpun beragam mulai dari kelasa dasar hingga kelas yang khusus akan mengambil tes TOEFL.





Sebenarnya, kenapa teman-sobat harus bisa bahasa Inggris, sih? Tentu saja alasannya dunia yang makin global, terhubung, dan berinteraksi satu sama lain. Bahasa Inggris ialah ‘bahasa internasional’ yang dipakai untuk saling berkomunikasi oleh masyarakatdari berbagai macam negara. Selain itu, nggak cuma penting selaku bahan belajar di dingklik sekolah, bahasa Inggris juga menjadi poin ‘plus’ untuk kau yang mau bekerja di korporasi-korporasi besar. penting banget nih kan kalau udah berhubungan sama kerja.





Daftar Tulisan


Channel Youtube untuk Belajar Bahasa Inggris Tingkat Pemula





Channel Youtube untuk Belajar Bahasa Inggris Tingkat Pemula




Untuk kau yang masih mau mencar ilmu bahasa Inggris di tahap pemula, postingan ini akan menawarkan beberapa nasehat berupa Youtube channel yang mengajarkan bahasa Inggris dengan paling efektif. Simak ulasannya ya! Ada pembahasan mengenai segmen-segmen Youtube channel yang tepat sama kebutuhan belajar kamu juga.
Check this out!





Youtube Channel “guruku Mr D”





Sekilas perihal channel guruku Mr D, Mr. Dennis atau yang bersahabat disebut Mr. D mempunyai suatu channel di Youtube yang aktif mengajarkan bahasa Inggris. Meskipun beliau ini orisinil keturunan Amerika, Mr. D sudah usang menetap di Indonesia yang membuat beliau fasih dalam berbahasa Indonesia. Dikarenakan target dari penonton Youtube channel guruku Mr D adalah orang-orang Indonesia, jadi dia mengajarkan bahasa Inggris dengan menggunakan bahasa Indonesia, loh! Makara buat sobat-sobat yang masih awam banget sama bahasa Inggris tidak perlu cemas.





Apa saja yang diajarkan Youtube channel guruku Mr D? Apakah channel-nya cocok untuk berguru English dari nol? Cocok banget! Dalam playlist channel guruku Mr D, kamu akan menyaksikan beberapa kumpulan video mencar ilmu bahasa Inggris dengan label “Tutorial Grammar”, “Pengucapan Bahasa Inggris”, “Vocabulary/Percakapan”, dan “ESP (English for Specific Purposes)”. Lengkap banget! Ada pembelajaran yang dimulai dari kosa kata atau vocabulary hingga pembelajaran yang konsentrasi untuk hal-hal tertentu (English for Specific Purposes). Kupas satu-satu yuk!
Segmen-segmen channel Youtube guruku Mr D untuk membantu sobat-sobat memajukan kemampuan bahasa Inggris:





Tutorial Grammar





Pusing dengan penjelasan grammar yang panjang? Atau buku bahasa Inggris-mu tidak juga menciptakan kamu paham mengenai grammar? Ada solusinya! Channel Mr D mempunyai segmen khusus yang menjabarkan hukum bahasa Inggris. Dimulai dari penggunaan in/on/at sampai penggunaan tenses. Gokilnya lagi, semua penjelasan di segmen grammar tidak meraih 15 menit! Kalau kamu suka yang instan, bisa banget, nih, liat segmen Tutorial Grammar Mr D.





Pengucapan Bahasa Inggris





Ada segmen khusus di channel Mr D yang mengajarkan cara pengucapan kosa kata bahasa Inggris. Lah ini mah make google translate juga mampu! Memang bisa, tetapi di channel Mr D, sahabat-teman akan diajarkan pada pengucapan kosa kata yang punya kemiripan ucapan. Contohnya nih ya, ada satu video yang mengajarkan bedanya pelafalan sing yang artinya ‘bernyanyi’ dan sink yang artinya ‘tenggelam’. Nilai plus dari segmen ini ialah klarifikasi Mr D yang menggunakan konteks, sehingga teman-sobat tidak hanya konsentrasi pada pelafalan, tetapi juga cara membedakan pelafalan dari kata-kata yang mirip kalau sahabat-teman sedang berada disituasi percakapan bahasa Inggris-nya.





Vocabulary/Percakapan





Segmen yang tidak kalah penting hadir juga di channel guruku Mr D. Segmen Vocabulary mengajarkan beragam kosa kata dalam bahasa Inggris dengan klarifikasi bahasa Indonesia. Di channel Mr D ini, teman-sahabat nggak hanya berguru menghafal kosa kata dan artinya dalam bahasa Indonesia, tetapi juga ada percakapan di mana kosa kata tersebut dipakai. Contohnya, ada percakapan tentang isyarat arah, pembayaran, hingga wacana penampilan. Ini, nih, poin plus yang memberikan fasilitas untuk teman-teman. Menghafal kosa kata akan terasa jauh lebih mudah saat kamu tahu kapan dan bagaimana penggunaan sebuah kata itu sempurna.





ESP (English for Specific Purposes)





Apa itu English for specific purposes (Bahasa Inggris untuk Tujuan Tertentu)? ESP yaitu bahasa Inggris untuk bidang-bidang yang spesifik. Apakah penting? Bisa jadi penting banget. Contoh kasusnya, bila sobat-teman belum fasih berbahasa Inggris tapi mesti berkomunikasi dengan orang Amerika di bidang marketing, maka ESP yaitu cara tercepat. ESP cuma mengajarkan Bahasa Inggris di bidang tertentu mirip ESP for Business (ESP untuk bisnis), ESP for tour guide (ESP untuk pemandu wisata), ESP for industrial 4.0 (ESP untuk kurun industri 4.0). Channel Mr D punya segmen yang satu ini, guys!





Youtube Channel “Naila Farhana”





Youtuber yang menyelesaikan studinya di Amerika ini mendirikan channel Youtube Naila Farhana yang konsentrasi untuk mengajarkan bahasa Inggris juga berbagi tips untuk mempelajari bahasa Inggris. Ada banyak sekali segmen pilihan di Youtube Naila Farhana mulai dari segmen belajar 25 frasa bahasa Inggris, segmen berguru “Accents and Pronunciation” (aksen dan pelafalan), segmen “Apa BAHASA INGGRIS nya..?”, segmen “Like a Native”, dan banyak segmen yang lain yang membahas kiat untuk berguru bahasa Inggris mirip segmen “My Tips for You”, “Masalah Umum”, dan “Collabs” di mana Naila akan berbicara seputar tips mencar ilmu bahasa Inggris dengan pegiat channel Youtube berguru bahasa Inggris yang lain. Apa saja, ya, segmen untuk belajar bahasa Inggris di Youtube channel Naila Farhana?





25 Frasa





Teman-teman mau konsentrasi memperbanyak kosa kata bahasa Inggris? Segmen 25 Frasa adalah media yang sempurna! Frasa sendiri merupakan adonan dari kata yang membentuk suatu istilah. Bisa jadi ungkapan saat murka, istilah kasih sayang, hingga istilah maaf dan penyesalan. Kenapa menghafal frasa? Supaya bahasa Inggris kau terdengar kasual seperti para bule orisinil Amerika. Dalam setiap video di segmen ini, akan ada 25 frasa yang sering dipakai di kehidupan sehari-hari. Selain itu, ada pola penggunaannya dalam kalimat juga, jadi penonton nggak akan kebingungan bagaimana pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari.





Accents & Pronunciation





Bahasa Inggris itu punya banyak banget aksen. Yang paling lazim orang-orang tahu adalah aksen Inggris (UK) dan aksen Amerika (US). Sebetulnya ada banyak lagi aksen dari Negara Inggris dan Amerika. Jika teman-sobat ingin memiliki aksen Amerika ketika berbicara bahasa Inggris, segmen Accents & Pronunciation akan sangat menolong kau. Akan ada kiat juga untuk kamu mampu memiliki aksen Negeri Paman Sam itu.





Apa BAHASA INGGRIS nya..?





Seringnya, kita selaku non-native English speakers (bukan penutur asli bahasa Inggris) kebingungan dalam menerjemahkan beberapa ungkapan remeh sehari-hari ke bahasa Inggris. Maunya bilang ‘masuk angina nih!’ atau ‘kapok deh!’ atau ‘sadar diri dong!’ bahkan sampai ke cuitan ‘bisa aja kau ya ’, tetapi nggak memperoleh kosa kata yang pas, kalau salah ngucap, bisa-mampu malah salah maksud. Nggak mau kan disalahpahami karena pemilihan kata yang salah? Nah di segmen Apa BAHASA INGGRIS nya..?, kau akan berguru mulut keseharian yang banyaknya sobat-sobat gunakan untuk mengatakan kepada sobat sebaya, sobat tongkrongan, sampai sobat sekelas. Segmen ini akan mengupgrade skill bahasa Inggris-mu dengan perumpamaan-ungkapan natural dalam bahasa Inggris! Biar bahasa Inggris-mu nggak kaku ya, guys.





Like a Native





Pernah denger slang word? Slang word adalah bahasa Inggris untuk ‘bahasa gaul’. Kalau segmen ini terperinci untuk kemampuan bahasa Inggris kamu di tongkrongan ya! Karena penggunaannya bukan untuk situasi-situasi formal dengan bahasa yang baku. Like a Native akan mengajarkan istilah-istilah gaul bahasa Inggris sekaligus dengan penggunaannya dalam kalimat.





Youtube Channel “Joesin Translation”





Joesin translation ialah laman Youtube yang menyebarkan materi bahasa Inggris baik untuk pemula, tingkat menengah, dan tingkat lanjut. Dibandingkan dengan guruku Mr D dan Naila Farhana, Joesin translation mempunyai segmen terbanyak dan terlengkap alasannya meliputi segmen bahasa Inggris untuk jenjang SMP, SMA dan universitas. Selain itu, ada segmen khusus bahasa Inggris untuk persoalan kerja, segmen mencar ilmu bahasa Inggris lewat puisi, dan latihan kesanggupan listening (mendengarkan). Belum tamat hingga situ ya guys, ada segmen yang konsentrasi mengajarkan kosa kata, grammar (tata bahasa), pronunciation (pelafalan) dan speaking (berbicara).
Berikut pembahasan segmen di channel Joesin translation.





English Pronunciation





Berisi video-video yang mau menjawab semua pertanyaan sahabat-sobat terkait rincian pengucapan kosa kata bahasa Inggris. Ada yang membahas mulai dari level dasar tentang pelafalan huruf dalam bahasa Inggris, pengucapan imbuhan -D dan -S, pengucapan postingan ‘The’, sampai cara pengucapan nama-nama negara dalam bahasa Inggris. Uniknya, segmen satu ini akan menunjukkan pelajaran rincian tentang pelafalan. Selain itu, setiap videonya juga menambahkan acuan pelafalan secara pribadi, jadi sahabat-sahabat bisa menonton video sekaligus mempraktikkan pengucapan suatu kata.





English for: SMP, Sekolah Menengan Atas, University





Jika sahabat-sobat ialah pelajar Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengan Atas, atau seorang mahasiswa, segmen English for SMP, SMA, University akan menolong teman-teman dengan bahasa Inggris yang berkhasiat dalam mengerjakan soal.





English Writing Tips, English Listening Practice, English Speaking





Kemampuan bahasa Inggris tidak berhenti di seberapa fasih sahabat-sahabat mengatakan atau seberapa banyak kosa kata bahasa Inggris yang teman-sahabat tahu arti bahasa Indonesia-nya. Kemampuan bahasa Inggris juga meliputi kemampuan untuk menulis (writing), mendengarkan (listening), dan mengatakan (speaking). Di segmen English Writing Tips, sobat-teman bisa juga berguru menulis kalimat dengan tata bahasa yang benar.





Vocabulary Today





Perluas juga kosa kata bahasa Inggris-mu melalui segmen Vocabulary Today. Video-video di segmen tersebut mengajarkan kosa kata yang spesifik mirip kosa kata yang kalian gunakan saat berada di ruang tamu, kamar, hingga dapur! Seru juga kan bila mencar ilmu kosa kata menurut topic, kamu jadi bisa mengukur telah sejauh apa kesanggupan bahasa Inggris-mu. Selain itu, ada video yang membahas kosa kata menurut persamaan kata dan antonim yang membuat kosa katamu akan lebih cepat bertambah.





Learning English through Poem





Ini yakni segmen paling unik dan estetik dari Youtube channel Joesin translation. Video-video di segmen ini berisi puisi dan terjemahan dalam bahasa Indonesia-nya. Tidak cuma kamu akan menemui rangkaian kosa kata dengan makna yang dalam dan puitis, namun kamu juga akan mencar ilmu susunan kata bahasa Inggris dikala dipakai dalam karya sastra berbentukpuisi.





Itu tadi nasehat Youtube channel yang memberikan video-video pembelajaran bahasa Inggris paling efektif untuk membantu kau yang masih pada tahap pemula. Selalu ingat ya, semua media pembelajaran akan sukses di kau dikala kau bersungguh-sungguh dan konsisten dalam mencar ilmu. Ada sangat banyak tempat tutorial berguru (bimbel) di luar sana dengan harga yang murah sampai harga yang setara dengan uang semesteran anak kuliah, tetapi jikalau kamu sendiri tidak mau berusaha untuk mempunyai peningkatan (progress), apapun bentuk media belajarnya dan berapapun biaya yang kau keluarkan akan tidak menenteng hasil untuk menciptakan bahasa Inggris-mu makin setuju.
Are you in for a better English skill of yours?


0 Response to "Channel Youtube Untuk Mencar Ilmu Bahasa Inggris Tingkat Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel